Kamis, 08 Mei 2014

Apa itu Bahagia? Jabatan?


Apa itu bahagia menurut loe?
bahagia adalah ketika kita mampu membuat orang tua bahagia? Yups itu adalah salah satunya. Namun, masalah muncul ketika keinginan orang tua berbanding terbalik dengan keinginan kita. Lalu apakah kita akan diam saja.

Gue pernah dapat cerita di KPP di mana gue pernah magang selama sebulan lebih. Bapaknya udah tua, jabatannya adalah anggota saja, entah kenapa setua ini gak mau jadi kasi atau kepala seksi. Banyak anggota yang lebih malah jadi kepala seksi dengan gaji yang lebih tinggi. Bayangin aja, udah tua, cuma jadi anggota dan tidak punya jabatan tinggi. Beliau dihormatin karena beliau lebih tua dari yang lain dan tentu sudah tahu lapangan dong. Entah mengapa, jabatan itu gak penting di mata dia.


Gue nanya, Pak, bapak sebelumnya kenapa di STAN? dia jawab gini, orang tua saya, terlebih lagi ibu saya lebih suka kalau saya di STAN, padahal saya lebih suka bidang lain (gue lupa dia udah diterima di mana). Beliau cerita kalau dia pernah hampir gak lulus, ujian aja mpe ngulang beberapa kali. DIa jarang banget masuk kelas, yang penting gak bolos lebih dari tiga kali aman intinya. Entah kenapa, dia selamat sampai tingkat akhir. Kenapa Bapak gak sekolah lagi? DIa merasa cukup dengan DIII aja. Gue sebagai anak muda ngerasa heran dengan hal ini dan gue ngerasa bahwa ini aneh bin ajaib.

Kita udah mau menghdapai WTO dan AEC tahun 2015, kalau gk meningkatkan kemampuan jelas banget bakal ketinggalan. Gue nyoba nanya, pak kenapa gak keluar aja pak? Dia bilang, dia gak bisa bantah ibunya dan dia sangat nurut sama ibunya. Jleb, banget, terus gue berargumen, pak saya keluar kemenkeu susah pak. 
bapaknya dengan entengnya, kalau keluar tinggal keluar aja, gak repot repot lah.

Dalam hati gue malah tambah bingung, tapi gue nyoba nafsirkan gini Ya, kalau gak suka keluar aja, gak perlu bayar kok, kan bayar cuma nebus ijazah. Ya, betul, bayangin kita kerja bertahun tahun tanpa tahu kita itu nilai PPh nya berapa? itu cuma sekolah gue aja. Haha. 

Balik lagi, apa itu bahagia? yang jelas adalah bahagia ketika gue tahu bahwa Tuhan kasih jalan yang baik buat gue untuk berjalan tanpa sedih. Itu saja, jalan sambil nangis itu rasanya mau mati aja. Tapi kini untuk berhenti berjalan saja tidak mampu apalagi menangis. Gue seneng sekarang. Gue akan tersenyum setiap hari walau badan ini remuk setengah mati dan mata ini selalu merayu diri untuk menutup, tetapi gue yakin, Allah bareng gue saat ini. Gue realis tapi juga idealis. Gue ini masih muda, banyak hal yang ingi gue lakuin sekarang dan masih ada hal yang harus gue lakuin minimal beberapa ke bulan.

Bantuin Direktur gue buat nyiapin kedatang Direktur Perjanjian EKSOSBUD Kementerian Luar Negeri ke UMY, bantuin Abang-abang gue nyambut anak Malaysia ke Jogja, bantuin temen-temen gue buat pemilihan umum raya katanya, ngrepotin Satria yang amat sangat baik nelpon gue untuk bimbing gue cara pesen tiket dan visa, nulis abstrak, ngajar adek adek desa binaan di Bantul dan belajar.

Kata adek gue, FAJAR, itu risiko, yaelah anak kecil ngomong apa. Tapi jujur gue seneng banget, gue gak bisa mengungkapkan kalimat apalagi bahwa gue sangat sangat bahagia banget detik ini ketika gue coba tulis tulisan di blog ini. Gue sempetin banget ya buat ketemu temen-temen blog

Adek Khifni, maaf ya belum sempet kasihkan info ke adek, penggalang dari Kebumen, kakak appreciate banget ke adek kalau adek udah mau baca blog ane. SMS adek adalah kebahagiaan dan kebanggan tersendiri bagi kakak. hehe.

SEMANGAT terus!

Gue ini pengin nanya, loe loe yang meluangkan waktu dengan bekerja, apakah merasa senang? tentu senang banget ya?
yang meluangkan waktunya buat nonton tipi di rumah juga seneng?
Gue seneng banget bahwa gue itu mampu berbuat apa saja yang bisa gue lakuin tanpa NANGIS.

Maafin gue mah pah, ini cara gue untuk mengekspresikan kegembiraan di sini. Gue yakin mamah sedih di sana, dan gue seneng di sini, gue durhaka banget ya?
Gue sering nyoba akur, tapi inilah gue, sampai detik ini gue tetep diem. hehe.

Semangat TERUS!

Pah, terima kasih banget buat semuanya. Gue janji ini hutang dan akan wiwin bayar dengan sekuat wiwin kerja setelah ini. Dukungan, saran adalah obat dan bayaran yang tak ternila harganya. Beruntung banget gue punya ayah yang satu ini, yang tidak tahu apa-apa dan sangat percaya pada anaknya yang amat nakal dan nekat satu ini. Ingat kat kat ini, ini hutang wiwin dan pasti akan wiwin bayar. Walau kita tahu, bahwa sodara sodara kita itu tidak ada yang mau bantu apa pun. 

Wiwin janji 10-20 tahun ke depan, wiwin lebih berhasil daripada mereka semua yang menjauh karena takut diperalat rakyat kecil kayak kita. Kita lihat aja siapa yang mampu membantu lebih banyak di dunia nyata, bukan hanya membiarkan sodaranya diam dan tidak tahu apa-apa. Buat apa sekolah tinggi - tinggi kalau diminta tolong untuk menyebutkan saja tidak mampu dan malah mengusir.

Wiwin janji pak, sampai badan wiwin remuk, mata wiwin gk mampu mengeluarkan air mata lagi, sampai kuping ini pans karena omongan orang, sampai mulut ini berbusa berusaha menjelaskan, sampai kaki ini gak mampu melangkah, sampai tangan ini gak mampu menulis di blog lagi sperti sekarang.


Semangat Terus!

ALLAH itu sesungguhnya lebih dekat 
PERCAYA itu WIN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar